Mengapa Kita Selalu Memiliki Keinginan untuk Mempelajari Pengetahuan (Belajar)..??

Posted: February 22, 2011 in My Opinion, Pengetahuan
Tags: , , , , ,

Yah,….pertanyaan ini mungkin akan tanpa kita sadari timbul ketika kita mengalami kejenuhan terhadap aktivitas yang kita lakukan. Terutama yang berkaitan dengan proses kita belajar dalam kehidupan ini. Kita terkadang mengalami suatu kebosanan/kejenuhan yang pada akhirnya mempertanyakan mengapa kita mempelajari hal sedang kita pelajari tersebut. Kita mengalami suatu kerancuan / kebimbangan tujuan terhadap apa yang kita jalani. Namun demikian ketika kita sudah melewati masa-masa tersebut (kejenuhan) kita akan memiliki gairah untuk belajar kembali. Bahkan apabila tujuan dari yang kita pelajari tersebut dapat kita capai, kita akan memiliki gairah untuk belajar dan terus belajar.

Belajar bagi seseorang seolah-olah sudah menjadi candu yang membuat seseorang menjadi bergairah dalam menjalani hidup (tentunya walaupun terkadang bosan). Hal ini dikarenakan setiap individu manusia dikaruniai oleh Tuhan suatu rasa ingin tahu / keingintahuan (curiosity) terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu tersebut jika belum terpenuhi akan mendorong seseorang untuk mempelajari dan mencari bermacam cara untuk mencari tahu.

Jika rasa ingin tahu tersebut belum terpenuhi maka individu tersebut pada tahap “belum tahu”. Jika “sudah tahu” maka dikatakan telah “berpengetahuan” sedangkan hal-hal yang diketahui disebut dengan “pengetahuan (knowledge)”. Dengan kata lain pengetahuan (baik berbentuk fakta, konsep, prinsip maupun teori) merupakan suatu hasil dari keingin tahuan yang telah terpenuhi.

Rasa ingin tahu menjadikan suatu manusia terus berkembang-dan berkembang untuk terus menemukan dan menghasilkan pengentahuan-pengetahuan. Curiosity tersebut merupakan anugerah Tuhan yang tanpa kita sadari sering kita abaikan sehingga kita kurang dapat mengembangkan potensi yang kita miliki. Kita menjadi kurang dapat mengembangkan diri karena kita terkadang mengabaikan rasa penasaran kita. Kita terlalu cuek dengan keadaan sekitar dan tidak peduli, sehingga berbagai pengetahuan yang dapat kita gali dan peroleh terlewat begitu saja.

Beruntunglah bagi seseorang yang memilik rasa penasaran dan keingintahuan yang besar dan mampu menjaga dan mengembangkan keingintahuan tersebut. Hanya individu-individu semacam ini yang akan selelu berkembang.

Mari kita jaga rasa keingin tahuan kita dan terus belajar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s