Mungkinkah kita dapat melupakan orang yang benar-benar kita cintai n sayangi ??? (Movie : Message in a bottle) [repost from my FB 2)

Posted: February 17, 2011 in Film, My Opinion
Tags: , , , , , , ,

Message in a bottle

Message in a bottle

Sumber Gambar : IMDb (The Internet Movie Database)
9/05/09 Jam 02.05 (mungkin, kalo ga salah jam segituan… mata masih ngantuk) aku bangun denger lagu pembukaan sebuah Film di salah satu TV Swasta Nasional. Mata gw kucek-kucek…masih ngantuk maklum baru tidur 2,5 jam lebih (aku tidur jam 23.15). Mata masih lier…lier gw liat judulnya “Message in a bottle”, Film tahun 1999… yah Film lama tapi gw baru liat. Diliat dari judulnya gw dah tau kalo ni pilm pasti pilm romantis yang kalo ga mengena ceritanya pasti membosankan.

Berhubung mata ternyata ga mau kompromi… gw coba nikmatin tuh pilm. Cerita awal lumayan …. menarik buat diikutin…jadi gw terusin.

Sekilas ceritanya begini.

Seorang Ce (Theresa Osborne) janda yang bercerai karena suaminya selingkuh (namun akhirnya berpisah dengan baik2) lari2 pagi dipantai, ketika mau istirahat dia menemukan botol yang berisi pesan. Dalam pesan tersebut berisi ungkapan seorang Co atas nama Garret Blake..yang mengungkapkan rasa cinta, penyesalan, dan kesedihan karena ditinggal mati pasangannya Catherine. Theresa tertarik dengan pesan itu …. karena merupakan ungkapan kejujuran pria dengan kata-kata yang sangat menyentuh.

Singkat kata pesan itu dibawa ke kantor Theresa yang kebetulan seorang wartawan yang tentu saja menarik perhatian karyawan yang lain terutama Ce. Mereka tertarik dan penasaran dengan siapa yang mengirim pesan terseut. Dan akhirnya tanpa sepenggetahuan Theresa surat itu di muat oleh boss theresa pada terbitan koran hari esoknya.

Mulanya Theresa merasa kurang suka… karena menurut dia surat tersebut merupakan suatu yang privasi sekali. Namun hari berikutnya dia merasa gembira dengan banyaknya surat pembaca yang masuk yang memberikan masukan dan petunjuk siapa pengirimnya bahkan, ada yang mengirimkan surat dalam botol serupa dengan isis yang berbeda yang berasal dari orang yang sama.

Akhirnya Theresa mendapat petunjuk yang kuat yang menuju ke Garret Blake, singkat kata…. Theresa mencari Garret Blake, dan mereka bertemu, mereka berkenalan,… kesan awal bagi Theresa seorang Garret Blake adalah orang tertutup dengan banyak misteri yang disimpan. Ketertutupan Garret Blakedi karenakan Garret Blake ditinggal mati Catherine, istrinya yang sangat dia cintai…. Hal tesebut dikarenakan rasa penyesalan karena tidak dapat merawat Catherine ketika sakit yang akhirnya berujung pada kematian.

Perkenalan…jalan…makan malem…berlayar….. akhirnya mereka jatuh cinta, walaupun pada awalnya Garret Blake tidak mau dan tidak mampu untuk melupakan Catherine. Sedikit demi sedikit Garret Blake mulai mampu menerima Theresa walaupun dia tidak bisa melupakan Catherine. Semua kenangan Catherine (lukisan, sepatu, dan peralatan milik Catherine) masih dia simpan dan tidak pernah diubah posisinya. Bahkan pernah Garret Blake marah pada Theresa karena merubah posisi barang-barang Catherine.

Catherin akhirnya kembali ke kotanya,…..lama tidak ada komunikasi… mereka saling menunggu. Ternyata masing-msaing juga larut dalam kesibukan…Theresa sibuk dengan tugas jurnalis nya Garret sibuk dengan pembuatan kapalnya, (kapal cita-citanya yang lama tertunda akibat sedih, dan mulai dikerjakannya lagi setelah ada cinta di hatinya lagi). rindu makin ta terbendung… akhirnya Garret menelepon Theresa… dan singkatnya Theresa mengundang Garret menginap di apartemen nya dan berkenalan dengan anaknya. Akhirnya Garret menginap dan kebanyakan pilm barat…. mereka melepas kerinduan, dengan makan malem … bla..bla..bla dan akhirnya make love…… mereka sangat gembira.

Satu kesalahan Theresa….”Kejujuran”, di saat Garret sudah mulai mencoba mencintai orang lain, ternyata Theresa belum menceritakan masalah “Message in a bottle” yang menjadi awal kisah cinta mereka. Dan hal tersebut diketahui oleh Garret tanpa sengaja setelah mereka make love. Garret marah karena merasa menjadi objek penelitian jurnalistik Theresa…mereka bertengkar. Pertengkaran mereda ketika Garret mengetahui selain dua “Message in a bottle” yang dia lempar kelaut ternyata ada satu lagi “Message in a bottle” yang ternyata dari Chaterine yang ditulis sebelum dia meninggal, yang berisis ungkapan cinta Chaterine dan perasaan dia yang merasas sudah mau mati. Akhirnya pertengkaran berhenti,…. namun Garret memutuskan untuk breake up, dia kembali ke kenangannya akan Chaterine dan kesibukan menyelesaikan kapalnya. Sedangkan Theresa kembali dalam kesedihan, ditinggal pergi kekasihnya.

Introspeksi,…. menerima nasehat orang tua (Dodge Blake) …. dan mengisis aktifitas dengan melanjutkan membuat kapal yang merupakan wujud perasaan cinta Garret untuk Chaterine yang akhirnya ditujukan buat Theresa. Kapal selesai…. dan Garret sudah mulai bisa merindukan kembali Theresa. Saat pelepasan kapal ke laut, Garret mengundang Theresa…. Theresa sangat senang, namun karena suatu hal dia telambat saat pelepasan kapal ke laut, ketika dia lihat kapal Garret ternyata di beri naman “Chaterine” dia menjadi terpukul… Garret belum bisa melupakan mantan istrinya…. Theresa memutuskan tidak mendekat. Mereka berpisah … tapi Garret mengetahui kenapa mereka berpisah lai.

Introspeksi lagi… n nasehat lagi. Garret membaca pesan Catherine dalam “Message in a bottle”. Akhirnya dia memutuskan untuk mau menerima cinta Theresa dengan spenuhnya. Dia menulis pesan. Pesan dalam botol “Message in a bottle” terakhir yang dia tulis yang dia tujukan ke Chaterine, yang rencananya dia kirim ke laut petangnya.

Petangnya cuaca buruk, dengan membawa “Message in a bottle” terakhinya, Garret hendak berangkat dan menerima berita kalau ada kapal terjebak badai. Kapal itu berisi satu keluarga. Garret memutuskan untuk menolong keluarga tersebut sebelum mengirim “Message in a bottle” terakhirnya. Singkat kata, Garret bisa menolong keluarga tersebut namun malangnya dia tenggelam dan mati.

Lama tak mendapat kabar Theresa sibuk dengan aktivitasnya, dan akhirnya mendapat kabar darii Dodge tentang kematian Garret. Dia terpukul….sedih…. Makin sedih ketika dia membaca kalimat terakhir dalam pesan terakhir Garret dalam “Message in a bottle” nya. inti kalimat terakhir tersebut adalah :

Dear Chaterine ……………
………………. Chaterine ijinkan aku mencoba melupakanmu… menjadikan kamu bagian kenangan hidupku. Ijinkan aku untuk memenangkan hatinya (Theresa) ……….

Theresa sangat terpukul dan bersedih…… The End.
(Buat lebih jelasnya liat / liat lagi pilm ini, kan pilm lama … jadi bajakannya paling dah banyak, kan negara kita Indonesia).

Inti dari pilm ini yang dapat gw tangkep…..

Jangan memaksakan seseorang melupakan kenangan akan seseorang yang dia cintai baik keluarga maupun kekasihnya….. Pada dasarnya kita tidak akan pernah (sulit) untuk dapat melupakan orang yang kita kasihi tersebut…. tapi kita juga harus berusaha menerima orang lain untuk mengisi kekosongan itu. “Live must go on”

Kejujuran, komunikasi n saling percaya menjadi kunci utama untuk menjalin suatu hubungan. Ceritakan sesuatu yang memang layak diketahui kekasihmu (jangan seperti yang terjadi pada Theresa ketika menyimpan masalah “Message in a bottle” yang menjadi dasar pertemuan mereka).

Jangan egois… saling mengerti apa yang diingini pasangan kita. Garret bersalah ketika dia terlalu larut dalam kesedihan dan tidak mau mengerti perasaan Theresa. Namun Theresa juga bersalah ketika menginginkan Garret melupakan Chaterine. Mengalah dan memaklumi dan saling mengerti adalah yang harus dilakukan semua ada prosesnya.

Tapi semua itu menurut gw n pikiran gw….

Tapi mungkinkah Theresa mampu melupakan kenangan akan Garret setelah apa yang mereka lewati bersama dan ternyata Theresa Harus ditinggal mati Garret. ??????????

Posted in FB by soerdepoer on Saturday, May 9, 2009 at 4:50pm

Comments
  1. JOKER says:

    nggak nyangka bang syur punya bakat nulis juga…ck3..lanjutkan syur…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s