Salut bagi orang yang mau hidup di Dunia ini,… tapi lebih salut bagi orang yang mau dan mampu mengakali kehidupan ini — by : soerdepoer — (kalau belum ada yang mengucapkan sebelumnya)

Saat ini tekanan kehidupan sangat berat… perekonomian, kehidupan sosial, kehidupan pribadi, keluarga dan lain sebagainya sudah sangat berat. Tidak jarang kita mendengar peristiwa bunuh diri karena tekanan hidup. Dari berbagai metode bunuh diri yang paling sering saya ketahui (terutama dari media televisi dan koran) adalah gantung diri, loncat dari gedung tinggi, dan minum racun serangga.

Lari dari kehidupan…
Itu yang ada di benak pelaku bunuh diri. Mungkin dalam benak mereka ketika akan melakukan bunuh diri, ketika rus terlepas dari raganya permasalahan sudah selesai.
Salah… pikiran yang sangat bodoh. Memang dengan terlepas ruh dari raga selesai sudah urusan pelaku bunuh diri itu dengan dunia ini. Tapi permasalahan tidak serta merta lepas… selesai…. tidak permasalahan tetap akan ada. Apalagi jika pelaku bunuh diri sudah berkeluarga, yang ada justru dengan bunuh diri akan lebih membebani keluarga yang ditinggalkan… melemparkan baban kehidupan, tanggungjawab dan hal lainnya pada keluarga yang ditinggal.
Belum lagi pertanggungjawaban kita sebagai mahluk terhadap Pencipta kita…..Allah SWT. Bunuh diri tetap saja hal yang dilarang oleh semua ajaran agama.

Mengakali Hidup…. itu yang ada di benak saya ketika menulis tulisan ini.
Tingkat tekanan kehidupan saat ini yang sangat berat membutuhkan kearifan dan pikiran dingin dalam menyikapi dan kreatifitas yang tinggi untuk dapat bertahan hidup. Ya… kita harus dapat menjadi mahluk yang fleksibel,…..tidak kaku, yang dapat menyesuaikan dengan berbagai keadaan kehidupan. Atau dalam bahasa biologi kita harus memiliki daya adaptasi dengan lingkungan yang tinggi. Orang yang mampu mengakali kehidupan menurut saya akan menjadi orang yang survive dan sukses di dunia ini…

Tapi memang Mengakali Hidup… merupakan perkara yang mudah namun juga tidak mudah.

Tidak Mudah untuk Bertahan Hidup Namun Hidup Akan Lebih Mudah Kalau Kita Bisa Mengakali Kehidupan — by : soerdepoer —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s