Suatu saat di Bengkulu (Potensi Wisata yang Tak Tergarap)

Posted: March 9, 2010 in Pengalaman
Tags: , ,

Awal Bulan Februari, tepatnya tanggal 5-8 Februari 2010 saya pergi ke Bengkulu dengan satu tujuan utama yang spesial dan refreshing ketempat yang belum pernah saya kunjungi “Tanah Sumatera”

Provinsi bengkulu menyimpan potensi wisata yang menurut saya cukup bagus dan potensial untuk dikembangkan, namun belum tergarap dengan optimal.

Benteng Marlborough / Fort Marlborough
Benteng ini merupakan benteng peninggalan Bangsa Inggris pada awal abad 18, yang dibangun oleh East Indian Company. Benteng ini merupakan pertahanan Bangsa Inggris untuk mempertahankan Bengkulu dari bangsa asing, dimana sebagian besar menghadap ke Laut (Pantai Panjang). Kondisi objek wisata ini cukup baik namun kurang optimal dalam pemeliharaan. Ruangan-ruangan yang ada dalam benteng tersebut terkesan kurang terawat. Padahal jika dilihat pada beberapa bagian dalam gedung itu sangat cantik. Berikut adalah beberapa foto yang saya ambil ketika kesana.

Salah satu meriam di Benteng Marlborough, Bengkulu

Foto by : soerdepoer

Bagian dalam Benteng Marlborough

Foto by : soerdepoer

Pohon Tua didalam Benteng Marlborough

Selain memiliki pemandangan yang bagus di dalam Benteng Marlborough, jika kita memangdang ke arah pantai juga akan terlihat pemandangan yang sangat bagus, apalagi jika senja hari saat matahari terbenam.

foto by : soerdepoer

Pantai Panjang, Bengkulu dari Benteng Marlborough

picture by : soerdepoer

Pantai dari Benteng Marlborough

Pantai Panjang
Pantai Panjang sebenarnya merupakan objek wisata andalan di Bengkulu. Pantai Panjang memiliki panjang garis pantai yang memang sangat panjang yang mencapai 7 (tujuh) kilometer.Pantai panjang memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sangat bagus. Pantai Panjang terletak hanya 4 km dari pusat Kota Bengkulu, dan dapat dicapai dengan transportasi umum.

Pengembangan pantai panjang sudah dilakukan pengembangan sebagai kawasan wisata internasional yang dilakukan pada tahun 2007-2008 dengan menyerap anggaran mencapai Rp. 1 trilyun. Namun jika melihat kenyataan yang ada ketika saya kesana, akan sangat mengecewakan pengembangan yang dilakukan jika hingga memerlukan dana sedemikian besar. Ketika saya kesana kondisi Pantai Panjang memang untuk beberapa infrastruktur seperti tempat pejalan kaki, lampu penerangan dan beberapa fasilitas lainnya seperti arena olahraga voli pantai masih ada dan termasuk masih baru. Akan tetapi perawatan yang dilakukan masih sangat kurang, terutama dalam hal kebersihan pantai dan penerangan lampu pada temapat pejalan kaki di tepi pantai serta kualitas arena olah raga (voli pantai) yang masih sangat parah.
Namun demikian memang pemandangan alam yang disajikan Pantai Panjang sangat indah terutama ketika matahari tenggelam.
Berikut adalah beberapa foto yang saya ambil ketika ke Pantai Panjang. (maaf mungkin lebih banyak terlihat hal yang buruk).

pisture by : soerdepoer

Pantai Panjang, Bengkulu

picture by : soerdepoer

Salah satu sisi Pantai Panjang (pemeceh gelombang)

picture by : soerdepoer

Sampah di sepanjang garis pantai di Pantai Panjang

picture by : soerdepoer

Sampah di Pantai Panjang

picture by : soerdepoer

Tempat Pejalan Kaki dan Penerangan di Pantai Panjang

picture by : soerdepoer

Matahari Tenggelam di Pantai Panjang 1

picture by : soerdepoer

Matahari Tenggelam di Pantai Panjang 2

picture by : soerdepoer

Senja di Pantai Panjang

*Jangan sia-siakan apa yang telah Allah anugerahkan kepada kita, syukuri dengan menjaga dan merawatnya (soerdepoer : Jakarta, 9 Maret 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s